• Perbedaan Pailit dan Bangkrut
    Perbedaan Pailit dan Bangkrut

    Bisnis New Normal Bisnis Dijual Jual Perusahaan Beli Perusahaan Artikel Take Over Usaha FAQ Jual Beli Usaha Hubungi Kami X Duplicated: Duplicated: Grant Thornton Beri Tips Agar Bisnis Bertahan Hadapi

  • Mengapa Harus Bisnis TakeOver
    Mengapa Harus Bisnis TakeOver

    Bisnis New Normal Bisnis Dijual Jual Perusahaan Beli Perusahaan Artikel Take Over Usaha FAQ Jual Beli Usaha Hubungi Kami X Duplicated: Duplicated: Grant Thornton Beri Tips Agar Bisnis Bertahan Hadapi

  • Memahami Bisnis Take Over
    Memahami Bisnis Take Over

    Bisnis New Normal Bisnis Dijual Jual Perusahaan Beli Perusahaan Artikel Take Over Usaha FAQ Jual Beli Usaha Hubungi Kami X Duplicated: Duplicated: Grant Thornton Beri Tips Agar Bisnis Bertahan Hadapi

8. Daripada Bisnis Ditutup atau Tidak Ada Pemasukan Lebih Baik Dijual

Daripada Bisnis Ditutup atau Tidak Ada Pemasukan Lebih Baik Dijual

Published
Juli 28, 2020

Jual perusahaan merupakan solusi yang sudah cukup populer di era saat ini. Bisa jadi karena kerugian atau mungkin tidak ada yang mau meneruskan bisnis diantara keluarga besar Anda. Bisnis tentunya tidak sekadar aset yang terlihat yang bisa dijual. Tetapi value, brand dan potensi lainnya bisa berharga mahal.

Menjualnya kepada orang lain bukanlah hal yang Anda tidak perlu khawatir karena sistem jual beli perusahaan bisnis sudah menjadi hal yang lumrah bahkan pilihan strategis. Awalnya sulit mengakui bila bisnis yang Anda kelola sudah minim pemasukan dan sulit beroperasi.

Tentu amat disayangkan bila bisnis yang sudah Anda kelola bahkan dirintis langsung dari awal ditutup begitu saja. Perusahaan masih bisa Anda jual ke orang lain supaya meminimalisasi kerugian. salah atau bahkan merugikan.

Anda bisa memanfaatkan dana hasil penjualan perusahaan untuk mengembangkannya di bidang lain yang baru. Begitu pula dengan perusahaan yang dijual bisa dikelola oleh pemilik yang baru. Pertimbangkan aspek keuntungan serta kerugian ketika Anda jual perusahaan.

Kerugian Bisnis Jika Ditutup

Perusahaan yang sudah tidak ada pemasukan saja sudah membuat Anda mengalami kerugian. Bila Anda menjual bisnis tersebut, tentu Anda juga kehilangan aset yang dimiliki. Tetapi bila Anda terus memegang perusahaan, biaya operasional terus dikeluarkan setidaknya untuk pemeliharaan aset.

Bila Anda masih memiliki dana untuk itu, tentu tidak menjadi masalah untuk tutup sementara. Sesekali bisa jadi Anda menutup kerugian dengan hasil keuntungan yang sudah diperoleh atau menggunakan dana darurat perusahaan.

Tetapi bila hal tersebut berlangsung secara terus-menerus, Anda dapat mengalami nominal kerugian yang lebih besar jika diakumulasikan tiap harinya. Beberapa pebisnis mengambil solusi jual perusahaan supaya nilai kerugian tidak semakin membesar.

Apakah Bisnis Bisa Dijual?

Saat ini Anda bisa menjual bisnis pada orang lain. Fenomena ini bukanlah hal yang asing lagi. Namun Anda perlu meningkatkan nilai jual dari perusahaan tersebut. Juallah ketika waktunya dirasa tepat. Anda dapat menjelaskan kondisi perusahaan sepenuhnya kepada calon pembeli.

Supaya penjualan lebih aman dan legal, Anda bisa menyewa bantuan dari profesional hukum atau profesional keuangan terkait perhitungan nilai jual aset. Ketika Anda jual perusahaan, berikan kualitas lebih. Pertimbangkan apakah semua aset Anda jual atau hanya aset tertentu saja.

Apabila menjual aset dengan disertai daftar klien, brand jual beserta aset maka nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Bersikaplah jujur dan serius kepada pembeli. Beberapa model penilaian bisnis bisa Anda gunakan untuk menghitung nilai jual bisnis.

Keuntungan Menjual Bisnis

Dengan menjual bisnis bukan berarti Anda mengalami kerugian. Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari menjual bisnis bahkan menyelamatkan kondisi finansial akibat kerugian. Selain itu Anda tetap dapat menyelamatkan karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Bisnis Anda dapat dijual dengan harga tinggi apabila aset tangiable serta intangiable usaha tersebut jelas dan berpotensi. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar ketika jual perusahaan, jelaskan mengenai aset perusahaan, ide-ide potensial yang bisa membuat bisnis berkembang, bagaimana peluang untuk mengalahkan kompetitor serta jelaskan potensi keuntungan perusahaan tersebut.

Melalui penjelasan tersebut, investor atau calon pembeli akan lebih percaya serta memberikan nilai lebih pada usaha Anda. Menjual bisnis tidak sepenuhnya merupakan ide yang buruk, melainkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah dalam berbisnis.

Bila Anda memahami strategi dan menjual ide bisnis, maka nilai jualnya semakin tinggi. Anda pun dapat meminimalisasi kerugian serta mendapatkan keuntungan. Mungkin saat ini Anda sedang mengalami kendala dalam bisnis yang dijalankan. Jual perusahaan bisa menjadi solusi yang dipilih untuk menjaga keuangan Anda.

Author:
bisnis
× Langsung Hubungi Kami!